Referensi:
Kitab Bughyatul Mustarsyidin halaman: 29
Ibarot:
(مسألة ش) إزالة النجاسة عن البدن شرط لصحة التيمم كالإجتهاد فى القبلة أو تقليد الأعمى فيها. نعم إن تعذر إزالتها لنحو مرض وفقد ماء تيمم وصلي لحرمة الوقت وقضة كما قاله إبن حجر. زاد ش. فلو وجد ماء قليلا تعين للنجاسة وإن لزمه قضاء الصلاة بالتيمم على المعتمد. إ. ه. قلت. وقال م.ر. لا يصح التيمم قبل إزتلة النجاسة أي غير معفو عنها. وإن تعذرت إزالتها بل يصلى حينئذ لحرمة الوقت. ويعيد.
Menghilangkan najis di badan adalah syarat sah tayammum. Sebagaimana usaha menentukan kiblat atau seorang buta yang mengikuti (petunjuk orang) mengenai arah kiblat. Ya benar.
Jika saja seseorang udzur (terhalang/tidak bisa) memghilangkannya disebabkan hal seperti sakit dan tidak ada air maka ia harus tayammum dan shalat lihurmatil waqti serta mengqadla (iadah). Sebagaimana pendapat ibnu hajar.
Kitab Bughyatul Mustarsyidin halaman: 29
Ibarot:
(مسألة ش) إزالة النجاسة عن البدن شرط لصحة التيمم كالإجتهاد فى القبلة أو تقليد الأعمى فيها. نعم إن تعذر إزالتها لنحو مرض وفقد ماء تيمم وصلي لحرمة الوقت وقضة كما قاله إبن حجر. زاد ش. فلو وجد ماء قليلا تعين للنجاسة وإن لزمه قضاء الصلاة بالتيمم على المعتمد. إ. ه. قلت. وقال م.ر. لا يصح التيمم قبل إزتلة النجاسة أي غير معفو عنها. وإن تعذرت إزالتها بل يصلى حينئذ لحرمة الوقت. ويعيد.
Menghilangkan najis di badan adalah syarat sah tayammum. Sebagaimana usaha menentukan kiblat atau seorang buta yang mengikuti (petunjuk orang) mengenai arah kiblat. Ya benar.
Jika saja seseorang udzur (terhalang/tidak bisa) memghilangkannya disebabkan hal seperti sakit dan tidak ada air maka ia harus tayammum dan shalat lihurmatil waqti serta mengqadla (iadah). Sebagaimana pendapat ibnu hajar.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar